Ujungberung, Kota Bandung 0811-2233-5234 hayatschool27@gmail.com

PPDB SD HAYAT SCHOOL

Setiap Anak Terlahir Begitu Istimewa

Hayat School didesain bukan untuk menyeragamkan anak tapi menyelaraskan sesuai dengan Fitrah dan Potensinya

Personalize Education - Personalized Observation - Personalized Curriculum → Creativity and Personality Development

Tentang

SD Hayat School

Usia 7 – 10 tahun adalah usia pengembangan kreativitas dan personality atau pengembangan karakter, dengan pendekatan aspek fisik, emosi, sosial, spiritual, kognitif dalam penanaman pondasi tauhiid. Level ini pun masuk pada level tamyiz atau pra aqil baligh artinya anak sudah bisa dikenalkan dan diberikan pengertian tentang baik dan buruk. Untuk menguatkan Tauhiid melalui pengenalan dan pendalaman sifat bawaan, pemahaman terhadap kebutuhan dan potensi sesuai dengan usia tumbuh kembang, peneguhan etika personal dan sosial, penguatan mental daya juang ketangguhan, eksplorasi minat bakat. 

Bentuk: sekolah non formal.

Jadwal Kegiatan

Secara Keseluruhan aktivitas di Hayat School efektif dimulai dari: Hari Senin – Jum’at pada pukul 08:00 – 14:00 WIB

Aktivitas di hari Sabtu/Minggu dilakukan sesuai kesepakatan atau melalui ijin lembaga untuk kegiatan tertentu, jadwal disesuaikan dengan kebutuhan kelas dan koordinasi dengan fasilitator kelas masing-masing.

Kurikulum Personal

Personalized Education - Personalized Observation - Personalized Curriculum → Creativity Exploration.

Usia 7 – 10 tahun adalah usia pengembangan kreativitas, personality dan pengembangan karakter, dengan pendekatan aspek fisik, emosi, sosial, spiritual, kognitif dalam penanaman pondasi tauhidullah. Kami begitu mengutamakan pentingnya program yang sangat spesifik sesuai perkembangan usia 7 – 10 tahun sebagai pondasi untuk mengembangkan personal dan kreativitasnya.

Program yang kami rancang untuk jenjang Pendidikan Dasar adalah program pendidikan yang telah diselaraskan dengan usia perkembangan di fase tamyiz, usia pengembangan personality dan kreativitas, usia membangun pondasi spiritual, kognitif, fisik, emosi, dan sosial.

Program yang dirancang adalah bagian dari proses mendesign Kurikulum Personal (Personalized Curriculum) sehingga proses beraktivitas dapat diobservasi secara individual (Personalized Observation) oleh ayah bunda dan guru, dari personalized observation, ayah bunda dan guru dapat merancang pendekatan personal (Personalized Approach) dengan dasar spiritual, kognitif, emosi, sosial, dan fisik yang sesuai untuk usia paud agar menjadi sebuah proses Eksplorasi Kreativitas (Creativity Exploration) untuk mencapai Visi menyiapkan generasi muda Indonesia memberi impact dengan Core Value Al-Qur’an World View, Character Development, Thinking Skill, Nationalism, dan Global Perspective.

Aktivitas yang didesain adalah proses aktivitas yang didasari proses pengembanagan pondasi spiritualitas (Pengetahuan spiritual dan ritual, membangun tauhid dengan jalan cinta illahi dan ibadah sebagai metode pendekatannya, dibangun dengan pembiasaan harian melalui aktivitas ritual ibadah, melatih pengenalan ubudiah, memaknai ibadah harian sebagai makanan bagi jiwa, sebagai energi ruhiah, kebutuhan emosi, bukan sekedar penggugur kewajiban) Jika spiritual anak terlatih maka antusiasme dalam keseharian akan nampak, lewat semangat dan bahasa cinta yang indah.

Pengembangan pondasi emosi untuk menguatkan kemampuan mengelola dan mengalirkan emosi, mengelola keinginan, dan menunda pemuasan diri. Dalam pendampingan di Hayat School Ananda akan mendapatkan pengalaman mengelola emosi dengan cara yang positif dan produktif.

Pengembangan pondasi kognitif: lebih sekedar pembelajaran akademik, fitrah kognitif di level SD adalah melatih konsep etika/adab, menyelaraskan dengan konsep berpikir kritis (Critical Thinking), berpikir kreatif (Creative Thinking).

Pengembangan pondasi sosial: Penguatan dinamika sosial di luar dinamika keluarga. Fitrah sosial di sekolah berupa dinamika horizontal dengan jajaran civitas sekolah, di sini Ananda belajar bagaimana membangun etika yang baik, melatih sikap proaktif, peduli, empati, menghargai, saling percaya, dan komunikasi produktif.

Pengembangan kreativitas dan personality melalui aspek fisik adalah stimulasi untuk menguatkan mental, karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, dalam ketangguhan fisik terdapat mental baja. Karena itu aktivitas ini membangun potensi internal Ananda: kekuatan menghadapi masalah, hambatan, dan tantangan dengan menguatkan sensorik, motorik kasar, halus, dan gaya hidup sehat sejak dini.

Core Value Usia

Begini cara Hayat School mengembangkan putra/putri terbaik anda dalam menemukan versi terbaik dirinya. Skema pengembangan mengacu pada Core Value Hayat School untuk Level SD. Core value atau nilai-nilai inti dalam pendampingan usia 7 – 10 adalah nilai-nilai dan prinsip dasar yang menjadi guidance bagi orang tua dan fasilitator dalam menanamkan konsep diri, nilai kehidupan, konsep rasa dan nalar, dasar dan tujuan aktivitas Ananda, serta indicator pencapaian.

Galeri Kegiatan SD Hayat School

Aktivitas Unggulan SD Hayat School

Hayat Family Community

Hayat School berbasis komunitas, untuk mendukung tercapainya personalized education bagi setiap siswa dan keluarga. Hayat School menginisiasi Hayat Family Community (HFC) sinergi antara Ayah Ibu dan pihak Hayat Schoemol dalam melakukan proses personalized observation (observasi personal) pada Ananda agar dapat mengobservasi rekam jejak aktivitas, pengembangan lima fitrah, pengembangan kreativitas, pengambangan minat bakat Ananda sehingga dapat mencapai visi pendidikan selaras fitrah dan kreativitas karena peradaban baru dimulai dari Hayat School.

Fasilitator SD Hayat School

Rifa Nur Afifah, S.Ag

Fasilitator
Pendidikan Agama Islam

Moja Januba Aripah, S.Ag

Fasilitator
Pendidikan Tasawuf Psikotrapi

Yuliani, S.Hum

Fasilitator
Pendidikan Sejarah

Tati Herawati, S.Hum

Fasilitator
Pendidikan Sejarah

Lulu Fauziah, S.Ag

Fasilitator
Pendidikan Tasawuf Psikotrapi

Ananda Salwa Salsabilla, S.Psi

Fasilitator
Psikolog

Sheila Andhika ‘Arafa, S.Pd

Fasilitator
Pendidikan Biologi

Arie Syahrizal Rahman, S.Psi

Fasilitator
Psikolog

Tirta Ardiansyah, M.Pd

Fasilitator
Pendidikan Luar Biasa

Nabila Nur Zamzami, S.Sos

Fasilitator
Bimbingan Konseling Islam

Nisa Zahra Nabilah, S.Pd

Fasilitator
Pendidikan Luar Biasa

Dina Septia Hardini, S.Ds

Fasilitator
Desain Komunikasi Visual

Dhimas Ahdy P, S.Hum

Fasilitator
Pendidikan Sejarah

Hermansyah, Amd.Ft

Fasilitator
Fisioterapis

Tina Lestiawati

Fasilitator
Pendidikan Luar Biasa