Hayat School - Level PAUD.
"Setiap Anak terlahir begitu ISTIMEWA Hayat School didesain bukan untuk menyeragamkan anak tapi menyelaraskan dengan fitrah dan potensinya"
Konsep Pendidikan
Personalized Education – Personalized Observation – Personalized Curriculum Creativity Exploration
Kami memahami betapa eksploratifnya setiap anak di usia 4 – 6 tahun, maka penting sekali menyelaraskan setiap stimulasi sebagai cara untuk menggali keunikannya, menyelaraskan ego dan individualitasnya, sehingga ananda memiliki konsep diri sesuai dengan core value di usia ini yaitu Bahagia.
Program yang kami rancang untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah program pendidikan yang telah diselaraskan sesuai dengan usia perkembangan 4 – 6 tahun, usia eksplorasi dan ekspresi diri, usia membangun pondasi spiritual, kognitif, fisik, emosi, dan sosial.
Program yang dirancang adalah bagian dari proses mendesign Kurikulum Personal (Personalized Curriculum) sehingga proses beraktivitas dapat diobservasi secara individual (Personalized Observation) oleh ayah bunda dan guru, dari personalized observation, ayah bunda dan guru dapat merancang pendekatan personal (Personalized Approach) dengan dasar spiritual, kognitif, emosi, sosial, dan fisik yang sesuai untuk usia paud agar menjadi sebuah proses Eksplorasi Kreativitas (Creativity Exploration).
Aktivitas didesain sebagai proses eksplorasi konsep spiritualitas (membangun dialog keimanan menjadi hearset dan mindset bahwa Allah mengasihi dan menyayangi, Allah selalu ada), eksplorasi konsep kognitif (diriku berharga, mengapa, bagaimana dan aku bisa), eksplorasi konsep emosi (perasaanku penting dan aku bisa mengalirkan rasa: senang, sedih, marah, jijik, takut dan mengekplorasi cara menenangkan diri), eksplorasi konsep sosial (penuntasan dasar ego dan individualitas: belajar menghargai mana milikku dan mana milik orang lain, belajar mengkomunikasikan: tolong, maaf, terima kasih, permisi), eksplorasi konsep fisik (stimulasi sensorik motorik melalui aktivitas di alam, eksplorasi ekspresi fisik dengan berbagai stimulasi fisik).
Core Value Level PAUD.
Begini cara Hayat School mengembangkan putra/putri terbaik anda dalam menemukan versi terbaik dirinya. Skema pengembangan mengacu pada Core Value Hayat School untuk Level PAUD berikut:
Core value atau nilai-nilai inti dalam pendampingan usia 5 – 7 adalah nilai-nilai dan prinsip dasar yang menjadi guidance bagi orang tua dan fasilitator dalam seluruh aktivitas Ananda.
Kasih Sayang
Kasih sayang adalah nilai yang didasarkan pada sifat arrahmaan arrahiim Allah SWT yang maha pengasih pada seluruh makhluk-Nya dan penyayang pada orang-orang yang beriman. Makna kasih dalam pendampingan Ananda adalah bahwa orang tua dan fasilitator menjadi representasi cinta Allah SWT sebagai bukti konkrit kasih sayang Allah SWT pada makhluk-Nya, maka ayah bunda adalah kekasih Ananda dalam merajut cinta Ananda pada Allah SWT.
Ekspresi
Di usia 5 – 7 tahun ekspresi merupakan gambaran dari ego dan individualitas yang perlu diberi ruang, dipahami, diarahkan agar Ananda dapat terpenuhi ego dan individualitasnya sehingga memiliki rasa berharga, bangga, percaya pada dirinya. Di usia ini juga merupakan usia yang penuh antusiasme, penuh rasa ingin tahu, oleh karena itu Pendidikan di usia ini bersifat inside out, mengeluarkan semua bentuk ekspresi dalam diri Ananda sehingga dapat dikenali kekhasan Ananda.
Bahagia
Bahagia adalah output dari rasa yang positif karena Ananda mendapatkan curahan kasih sayang, mendapatkan stimulasi cinta yang dikoneksikan dengan cinta Allah SWT. Bahagia juga merupakan rasa puas dari ekspresi dan eksplorasi yang diberi ruang hadir dari Pendidikan dengan konsep inside out yaitu memberi ruang Ananda untuk merabarasai dirinya.
Eksplorasi
Stimulasi sensorik dan motoric di usia ini adalah pondasi utama dalam pengembangan usia 5 – 7 tahun, dorongan rasa ingin tahu, ingin mencoba dapat difasilitasi agar jiwa eksplorasi Ananda dapat terpenuhi dan hal ini mendorong rasa percaya pada kemampuan diri, rasa bangga, dan rasa berharga.
Aktivitas Khas PAUD.
Eksplorasi Cinta Ilahi
Aktivitas solat berjama’ah adalah aktivitas yang berada dalam rumpun spiritualitas, dan literasi sosial, aktivitas ini adalah aktivitas utama dalam pembelajaran siswa. Pada level PAUD aktivitas solat adalah aktivitas eksploratif untuk mengenalkan aktivitas solat berjama’ah. Memberikan pengalaman bagi siswa untuk berinteraksi dengan kakak kelas dan adik kelas, bangun kebiasaan untuk saling bersalaman dan mendengarkan kultum.
Stimulasi Sensorik & Motorik
Aktivitas art dan craft adalah aktivitas stimulasi yang masuk dalam rumpun literasi, stimulasi sensorik yaitu mengolah rasa, motoric kemampuan motoric halus. Aktivitas pembelajaran art dan craft melatih siswa untuk mengembangkan ide dan gagasan, mengeksekusi ide dan gagasan tersebut, menuntaskan project tersebut.
Sosialisasi
Aktivitas art dan craft adalah aktivitas stimulasi yang masuk dalam rumpun literasi, stimulasi sensorik yaitu mengolah rasa, motoric kemampuan motoric halus. Aktivitas pembelajaran art dan craft melatih siswa untuk mengembangkan ide dan gagasan, mengeksekusi ide dan gagasan tersebut, menuntaskan project tersebut.
Aliran Rasa
Aktivitas art dan craft adalah aktivitas stimulasi yang masuk dalam rumpun literasi, stimulasi sensorik yaitu mengolah rasa, motoric kemampuan motoric halus. Aktivitas pembelajaran art dan craft melatih siswa untuk mengembangkan ide dan gagasan, mengeksekusi ide dan gagasan tersebut, menuntaskan project tersebut.
Hiking
Aktivitas art dan craft adalah aktivitas stimulasi yang masuk dalam rumpun literasi, stimulasi sensorik yaitu mengolah rasa, motoric kemampuan motoric halus. Aktivitas pembelajaran art dan craft melatih siswa untuk mengembangkan ide dan gagasan, mengeksekusi ide dan gagasan tersebut, menuntaskan project tersebut.
Hydroterapy
Aktivitas art dan craft adalah aktivitas stimulasi yang masuk dalam rumpun literasi, stimulasi sensorik yaitu mengolah rasa, motoric kemampuan motoric halus. Aktivitas pembelajaran art dan craft melatih siswa untuk mengembangkan ide dan gagasan, mengeksekusi ide dan gagasan tersebut, menuntaskan project tersebut.
Cooking
Aktivitas art dan craft adalah aktivitas stimulasi yang masuk dalam rumpun literasi, stimulasi sensorik yaitu mengolah rasa, motoric kemampuan motoric halus. Aktivitas pembelajaran art dan craft melatih siswa untuk mengembangkan ide dan gagasan, mengeksekusi ide dan gagasan tersebut, menuntaskan project tersebut.
Olah Fisik
Aktivitas art dan craft adalah aktivitas stimulasi yang masuk dalam rumpun literasi, stimulasi sensorik yaitu mengolah rasa, motoric kemampuan motoric halus. Aktivitas pembelajaran art dan craft melatih siswa untuk mengembangkan ide dan gagasan, mengeksekusi ide dan gagasan tersebut, menuntaskan project tersebut.
Family Moment
Aktivitas art dan craft adalah aktivitas stimulasi yang masuk dalam rumpun literasi, stimulasi sensorik yaitu mengolah rasa, motoric kemampuan motoric halus. Aktivitas pembelajaran art dan craft melatih siswa untuk mengembangkan ide dan gagasan, mengeksekusi ide dan gagasan tersebut, menuntaskan project tersebut.
Outing
Aktivitas art dan craft adalah aktivitas stimulasi yang masuk dalam rumpun literasi, stimulasi sensorik yaitu mengolah rasa, motoric kemampuan motoric halus. Aktivitas pembelajaran art dan craft melatih siswa untuk mengembangkan ide dan gagasan, mengeksekusi ide dan gagasan tersebut, menuntaskan project tersebut.
Family Camp
Aktivitas art dan craft adalah aktivitas stimulasi yang masuk dalam rumpun literasi, stimulasi sensorik yaitu mengolah rasa, motoric kemampuan motoric halus. Aktivitas pembelajaran art dan craft melatih siswa untuk mengembangkan ide dan gagasan, mengeksekusi ide dan gagasan tersebut, menuntaskan project tersebut.
Pemeriksaan Kesehatan
Aktivitas art dan craft adalah aktivitas stimulasi yang masuk dalam rumpun literasi, stimulasi sensorik yaitu mengolah rasa, motoric kemampuan motoric halus. Aktivitas pembelajaran art dan craft melatih siswa untuk mengembangkan ide dan gagasan, mengeksekusi ide dan gagasan tersebut, menuntaskan project tersebut.
Creative Student Camp
Aktivitas art dan craft adalah aktivitas stimulasi yang masuk dalam rumpun literasi, stimulasi sensorik yaitu mengolah rasa, motoric kemampuan motoric halus. Aktivitas pembelajaran art dan craft melatih siswa untuk mengembangkan ide dan gagasan, mengeksekusi ide dan gagasan tersebut, menuntaskan project tersebut.
Hay-Art Festival
Aktivitas art dan craft adalah aktivitas stimulasi yang masuk dalam rumpun literasi, stimulasi sensorik yaitu mengolah rasa, motoric kemampuan motoric halus. Aktivitas pembelajaran art dan craft melatih siswa untuk mengembangkan ide dan gagasan, mengeksekusi ide dan gagasan tersebut, menuntaskan project tersebut.
Hayat Family Community.
Hayat School berbasis komunitas, untuk mendukung tercapainya personalized education bagi setiap siswa dan keluarga. Hayat School menginisiasi Hayat Family Community (HFC) sinergi antara ayah ibu dan pihak hayat school dalam melakukan proses personalized observation (observasi personal) pada Ananda agar dapat mengobservasi rekam jejak aktivitas, pengembangan lima fitrah, pengembangan kreativitas, pengembangan minat bakat Ananda sehingga dapat mencapai visi Pendidikan selaras fitrah dan kreativitas karena peradaban baru dimulai dari Hayat School.